Sel. Agu 20th, 2019

Inilah daftar Buah Yang Baik untuk IBU HAMIL

Buah adalah salah satu makanan sehat yang diperlukan oleh ibu hamil. Tapi bukan sembarang buah yang boleh dikonsumsi selama masa kehamilan. Buah memang dikenal mengandung zat gizi yang lengkap, vitamin, dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, apalagi untuk ibu dan janin yang dikandungnya. Buah-buahan pun dapat dikonsumsi sebagai camilan, pengganti makanan ringan yang mengandung banyak kalori namun sedikit vitamin dan mineral.

Buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu pada masa kehamilan?

1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, lemak baik yang tinggi dan banyak mengandung asam folat yang baik untuk si buah hati, karena selama masa kehamilan, ibu perlu asupan asam folat yang berkecukupan.

2. Mangga

Mangga yang sudah matang, khususnya yang masak dari pohon, selain lezat juga memberikan banyak asupan vitamin A dan C terhadap tubuh ibu maupun janin. Kalium dalam mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh.

3. Anggur Organik

Anggur mengandung asam folat, potassium, fosfor, magnesium, dan juga vitamin A yang baik untuk membuat metabolisme tubuh ibu stabil selama masa kehamilan.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat disajikan dingin maupun hangat, buah yang satu ini mengandung banyak antioksidan dan juga berperan aktif sebagai penangkal raa mual dan rasa ingin muntah.

5. Pisang

Pisang mengandung kalium dan menyediakan tambahan kalori yang dapat diubah menjadi energi untuk ibu hamil agar dapat mencegah kelelahan, selain itu pisang juga mudah dicerna, sehingga dapat menjadi alternatif makanan untuk ibu hamil yang mudah mual dan muntah.

6. Berry

Strawberry, blueberry, bahkan cherry termasuk dalam berry yang boleh dikonsumsi oleh ibu dalam masa kehamilan. Berry adalah jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan.

7. Jeruk

Buah jeruk atau citrus, adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C, folat dan serat, hampir 90% dari kandungannya adalah air sehingga membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan dapat juga dikonsumsi untuk mengusir stres selama masa kehamilan.

8. Apel

Apel kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan zat besi. Beberapa penelitian menyatakan konsumsi apel secara reguler juga mengurangi resiko asma pada anak di kemudian hari.

9. Semangka

Semangka memiliki kadar air yang tinggi dan dapat membantu ibu hamil agar tidak dehidrasi. Semangka pun membantu ibu hamil untuk mencegah pembengkakan, menghilangkan rasa mulas dan kram otot. Semangka juga baik untuk perkembangan syaraf janin.

10. Kiwi

Buah kiwi mengandung banyak folat dan bermanfaat untuk mencegah keguguran dan dapat merangsang produksi sel bagi pertumbuhan janin. Kiwi dikenal dapat menyembuhkan sistem respirasi dan membuat tubuh lebih kebal terhadap cuaca dingin.

11. Buah Naga

Buah naga dapat membantu ibu hamil mengatasi masalah konstipasi (sulit BAB), dan juga berperan sebagai anti-mikroba.

12. Buah Pir

Buah pir cocok dikonsumsi karena kandungan folatnya yang tinggi, serta sumber serat yang baik untuk ibu hamil. Mengkonsumsi buah yang penuh dengan serat juga harus diikuti dengan banyaknya konsumsi air.

13. Buah Sawo

Buah sawo kaya akan nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Konsumsi sawo juga dapat meningkatkan fungsi syaraf dan mengurangi rasa mual selama masa kehamilan.

Sebaiknya konsumsi buah-buahan 2-3 porsi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Ditambah dengan konsumsi sayuran 2-3 porsi per hari, maka akan melengkapi kebutuhan gizi anda.

Itulah kiranya beberapa nama buah yang baik untuk IBU HAMIL .

Semoga bermanfaat .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: