Manfaat Jambu Merah Bagi Kesehatan

Penggemar buah pasti mengetahui buah yang satu ini. Ya, jambu biji merah sering menjadi primadona di gerai-gerai jus mulai dari resto besar hingga pedagang kaki lima. Manfaat jambu merah pun bermacam-macam. Manfaat buah ini sangat banyak terutama bagi kesehatan dan kecantikan. Kesegarannya pun tidak diragukan, apalagi jika dibuat menjadi jus lengkap dengan es batu.

Jambu yang memiliki nama ilmiahPsidium guajava ini ternyata berasal dari Brazil, yang kemudian tersebar di Indonesia melalui Thailand. Buah ini memiliki berbagai kandungan gizi yang beragam, mulai dari Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Kalium, Protein, dan berbagai macam mineral lainnya. Apa saja manfaatnya? Mari simak ulasannya.

1.Menjaga Kestabilan Gula Darah bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, konsumsi buah-buahan sangat penting, salah satunya adalah mengonsumsi jambu biji merah ini. kandungan serat yang tinggi akan membantu penyerapan gula, yang berarti dapat mengendalikan insulin alami dan glukosa dalam tubuh. Bahkan ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji secara teratur dapat mencegah munculnya diabetes tipe 2

2.Mengontrol Kolesterol dan Kesehatan Jantung

Selain mencegah diabetes tipe-2, serat dalam jambu biji dapat mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dengan mengonsumsi jambu biji, pengentalan darah akan berkurang dan tekanan darah akan turun. Selain itu manfaat jambu merah yang lain adalah mengurangi kolesterol sehingga kerja jantung akan menjadi lebih baik.

3.Menjaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Jambu merah mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri merupakan salah satu kelenjar yang penting karena fungsinya adalah untuk mengatur hormon dan fungsi sistem tubuh.

4.Mengoptimalkan Penglihatan

Vitamin A dalam jambu biji sangat tinggi, yaitu sekitar 21%. Dan Vitamin tersebut terkenal sebagai zat yang mampu menjaga agar mata agar tetap sehat. Dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin, maka akan sekaligus mencegah katarak dan penyakit mata lain serta penurunan fungsi penglihatan.

5.Mengobati Masalah Pencernaan

Serat makanan alami dalam buah sangat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan. Maka dari itu, jika ingin menjaga kesehatan pencernaan, konsumsi jambu biji akan sangat diperlukan karena serat dalam buah tersebut mencapai 14%. Awal dari tidak lancarnya atau sembelit adalah karena kekurangan serat, dan sembelit merupakan awal dari bermacam-macam penyakit.

6.Obat Demam

Vitamin C selain berfungsi menjaga daya tahan tubuh juga berfungsi untuk melawan penyakit. Salah satunya adalah jika terjadi gangguan pada tubuh seperti demam dan batuk. Vitamin C ampuh untuk mencegah infeksi dan virus. Karena jambu biji merupakan sumber Vitamin C yang tinggi yaitu sekitar 3 hingga 4 kali buah jeruk, maka konsumsi buah ini akan sangat bermanfaat untuk melawan berbagai macam penyakit.

7.Menjaga Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Manfaat jambu merah yang selanjutnya adalah untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan berbagai vitamin dan mineral dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Terutama vitamin C dan E sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas, maka untuk kaum hawa yang ingin merawat kulit, konsumsilah jambu biji secara teratur. Dalam jambu biji merah juga terdapat zat khusus bernama astringents yang dapat mencegah masalah kulit. Cukup konsumsi langsung buahnya tanpa gula secara teratur, maka kulit akan menjadi halus dan kencang.

Itulah beberapa manfaat dari jambu biji merah .

Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.