KESALAHAN MARKETING/PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL yang berakibat FATAL

Kalau berbicara tentang bisnis tidak mungkin lepas dari aktivitas marketing/pemasaran.
Tools marketing yang paling banyak digunakan diantaranya adalah media sosial.
Nah, pada artikel kali ini, saya akan sharing kesalahan apa saja yang sering dilakukan oleh marketers di media sosial sehingga berdampak buruk pada kelangsungan bisnis. Yang ingin bisnis online-nya sukses, simak beberapa tips berikut ini :

Hanya membagikan konten tentang produk/perusahaan atau jasa layanan

Media sosial bisnis memang bertujuan untuk menyampaikan produk kepada audiens. Tapi, kita juga perlu memberikan konten ringan agar audiens tidak bosan.
Misalnya, membuat tips & trick ringan sehari-hari.
Jika Anda menjual produk skin care, maka Anda dapat menyajikan tips merawat kulit wajah, dsb. Selain itu, Anda juga bisa mengadakan giveaway, atau news seputar hal-hal terkini tentang dunia skin care.

Mengabaikan audiens

Media sosial adalah tempat dimana pelanggan dapat berkomunikasi dengan kita. Di sanalah tempat mereka mencari tahu tentang produk lebih jauh sebelum memutuskan untuk membeli. Jika ada komentar yang masuk, usahakan agar tim Customer Care segera membalasnya. Semakin cepat respon kepada pelanggan, kredibilitas Anda akan semakin meningkat. Jika kita mengabaikan audiens berlama-lama dalam kondisi kebingungan, bisa-bisa mereka akan kabur dan memilih kompetitor Anda. Jangan sampai hal tersebut terjadi dengan bisnis anda.

Jarang Update Konten di Media Sosial

Seperti halnya media sosial pribadi milik Anda yang update foto setiap saat, brand/produk Anda juga harus sering muncul di hadapan khalayak untuk meraih awareness. Maka dari itu, media sosial harus selalu kita update dengan konten-konten segar. Jangan sampai Anda berikan jeda yang terlalu jauh antara satu postingan dengan postingan lainnya. Cukup satu sekali sehari agar pengikut Anda semakin aware dan bertambah banyak.

Tidak melakukan pendekatan dengan follower

Memang tidak salah bahwa bisnis ujungnya selling atau penjualan. Namun, marketers seringkali lupa bahwa media sosial tak hanya untuk beriklan tentang produk. Tapi juga sebagai media untuk membangun hubungan dekat dengan pelanggan.
Kita juga perlu memahami kebutuhan mereka, menggali insight, serta berusaha mewujudkan apa yang mereka butuhkan.

Sering salah eja

Kesalahan sedikit saja di media sosial bisa berdampak buruk. Misalnya, penulisan dalam bahasa asing yang keliru atau kesalahan EYD. Usahakan zero mistake agar pelanggan tidak kabur. Disarankan Gunakan bahasa yang baik dan benar.

Semoga saja dengan tips diatas, bisnis anda semakin maju dan cepat berkembang dengan pesat serta banyak pengikutnya.

Salam sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: