Penipuan lewat Telpon dengan modus Hadiah dari OVO

Hari ini Rabu tanggal 31 Oktober 2018 sekitar pukul 10:35 ada kejadian yang mungkin bisa kita jadikan sebagai pelajaran dan lebih berhati-hati kedepannya.

Kejadian ini menimpa Saya sendiri yaaa….bukan orang lain.

Secara singkat begini kronologinya :

“saya mendapat telepon dari orang yang tidak saya kenal. Katanya saya dapat hadiah Rp 500.000 dari aplikasi OVO. ”

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa OVO merupakan sebuah aplikasi layanan pembayaran di beberapa MERCHANT online Store.

“Orang tersebut kemudian menanyakan kepada saya ,apakah sudah mendapatkan SMS PEMBERITAHUAN hadiah dari OVO dan saya jawab BELUM .”

Tidak lama kemudian di hp saya masuk Notifikasi dari OVO  yang berisi kode OTP berupa beberapa angka.

“Orang tersebut lalu meminta saya untuk menyebutkan Kode OTP tersebut.”

Sampai di sini saya sedikit heran.  Katanya mau dapat HADIAH Rp 500.000 tapi kok malah kode OTP yang saya terima.

Karena kalau yang sudah biasa berbelanja atau melakukan pembayaran dengan metode seperti ini pastinya paham. Apa itu fungsi dari OTP atau ONE TIME PASSWORD .

OTP tersebut gunanya untuk menyetujui pendebetan atau pembayaran atas TRANSAKSI yang anda lakukan .

Jadi intinya, Dengan adanya Notifikasi OTP ini, artinya bukan Mau ada Uang atau Hadiah yang masuk . Tetapi kebalikanya, malah Uang atau Saldo anda yang akan di TARIK atau Di belanjakan. (ngeri yaaa….)

“Dan Orang tersebut terus menanyakan berapa kode OTP nya dengan alasan supaya cepat bisa di proses hadiahnya.”

Sampai disini saya sudah sadar bahwa ternyata Orang ini ingin menipu saya dengan dalih Hadiah.  Maka dengan tegas saya tidak menyebutkan Kode OTP tersebut.

“Setelah cukup lama ,akhirnya si penelepon tadi ngomong begini, MAU DI AMBIL TIDAK HADIAH NYA, dan saya jawab TIDAK USAH.

Setelah itu si penelpon tersebut melontarkan kata kata menggunakan Bahasa PLANET yang saya sendiri tidak tahu artinya .

Hmmmmmm…….mboh ora mudeng lah.

Jadi intinya kita harus selalu waspada yaa dengan masih berkeliarannya PENIPUAN dengan modus iming iming mendapatkan hadiah melalui telepon.

Semoga bermanfaat .

5 thoughts on “Penipuan lewat Telpon dengan modus Hadiah dari OVO

  1. Wihh beneran dong.
    Barusan saya ditelepon, karena ada pihak OVO segala gitu dihape nya jadi saya angkat. Ada OTP segala beneran, karena jarang pake jadi saya kira emang beneran gitu. Dia minta di ke OVO kan atau rekening. Ya saya minta OVO kan saja, toh ngga punya rekening juga. Terus dia malah bilang kalau saya belum terverifikasi, kalau mau ya top up dulu 300rb, saya dapetnya 3jt wkwk.
    Kebetulan duit ga pegang, saya kasih rekening aja, ada punya sodara dan bapak saya. Anehnya dia minta harus cek saldo & penarikan lho aneh, ya saya masih ngga mau suudzon ya, mungkin duitnya harus top up juga kali. Dan kebetulan lagi, sodara saya beda kota, dia minta nomor, dia minta nomor simpati segala (wkwkw). Terus kebetulan lagi, ortu saya lagi diluar, pulang dzuhur, ini udah pulang skrg.
    Tapi ya karena penasaran saya cek dulu deh di Google kan kalau emang bagi² hadiah ada event nya, ehhh kok ngga ada, malah nemu artikel ini.
    Coba saya cek juga ovo saya, terakhir saldo saya 16rb, ehh malah penarikan coba, jadi nyisa 1rb. Fix saya kena tipu wkwk, yaa orang lagi tidur istirahat ditelpon duit ya bingung laa.. bego juga sih.

  2. Yakaallah beneran ini, barusan saya kena tipu ktnya dapet hadiah dr ovo 5jt trus nanya benerin bnr gak no hpnya ini , trus nanya pas daftarin kartu itu pakek ktp ibu, dia tau nma ibu aku krna itu no udah dr jaman kapan blm ada peraturan kayak sekarang harus pakek ktp kmren itu ngasal. Aku iya.in aja. Nanya ini itu dikasih tau cara ngaktifin uangnya, mana yakaallah gobloknyo di tipu kok iya aja, keatm, dibimbing sm mbaknya mau aja. Udahh ngerasa sih, tapi yakallah ilang dah uang aku untung di atm sldonya cma 100rb. Mana katanya, ini uangnya masih setengah diaktifin, nah klo mau full 5jt pnya rek lain gak? Ktanya, akunya langsng bilang gak pnya, kyltnya bisa pakek pnya saudara temen atau yg lain siapaaa, trus akunya bilang aku ni anak tunggal tinggal dipelosok kwwkkwkw padahal aku 4 beradik ibu bapak ipar pnya rek semua, dan ketika aku bilang gak ada bener2 gak ada trus katnya ini nanti ada telfon dr pimpinan ovo sendiri tlng dijawab intinya u ngeyakinin aku surih ngisi saldo lagi atau nyari rek lainn1. Ehhh telfon beberan, taulah soalnya itu suara cwok pas td kedenger lg bicara sm mbaknya. Trus akunya ketawa krno gak percay ketipu kwwkkwkwk eh bapaknya bilang mbak mbak kok ketawa. Ga papa pak, lanjutin aja. Aku bilang gt dhh dianya marahhh wkwkwkw trus berarti mbak gak dengerin sy ngmng dong, ini uang mbak lo bkn u keptingan siapa siapa. Intinya maksaa suruh ngisi saldo lagi biar bisa ditf ke rek saya, trus intinya saya tunggu smpek bsok pagi, trus akunya kekeh klo bener gak bsa gimana?? Harus bisa mbakkk, katanya sambil marah dan akunya diem. Tdus dia bilang mbak mbak? Akunya diemm, ngerti gakkk? Aku jawab bodoooo, makan tu uang 100rb akuuu!!! Masuk neraka sana looo!!! Yakaalha smpek rumah baru buka internet bener apa gak, dan ternyataa??? Kok sedih walau cman 100rb yahhh masihlahhhh, makasih loo jadi pelajaran banget ini!!!!!

  3. saya barusan di tlp sama pihak yg mengaku dari ovo dan bilang no saya terpilih mendapatkan uang pensiun 5jt
    di benak saya oh iya , heran setau saya ovo udah lama ga saya pake dan saldo 0 , dan sudah tercium bau bau penipuan langsung saya matikan tlp nya wkwkwkwk , bulan puasa bukan nya tobat malah mau nipu orang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.